Sabtu, 14 April 2012

MAKANAN PEREDA DAN PENCEGAH SAKIT KEPALA


                  Migrain atau sakit kepala sebelah sebenarnya belum diketahui secara pasti penyebabnya. Namun, diperkirakan jenis sakit kepala ini disebabkan karena adanya hiperaktifitas impuls listrik otak yang meningkatkan aliran darah di otak sehingga terjadi pelebaran pembuluh darah otak serta proses inflamasi (luka radang).

Beberapa makanan dan cairan diyakini dapat membantu mengusir rasa sakit di kepala. Inilah delapan di antaranya :
1. Kentang 

Sakit kepala yang muncul akibat mabuk tak hanya disebabkan karena dehidrasi tetapi juga karena hilangnya elektrolit seperti kalium. Maka dari itu, menyantap makanan yang kaya akan kalium dapat membantu meringankan sakit kepala. Kentang mengandung banyak kalium yakni 100 gram, sedangkan kentang panggang (dengan kulitnya) mengandung kalium hingga 600 mg. 



2. Pisang 
Pisang tidak hanya kaya akan potasium tetapi juga magnesium (pisang ukuran sedang mengandung 10% dari rekomendasi asupan harian Anda). Magnesium dapat meringankan migraine dan sakit kepala akibat stres. Sejumlah penelitian telah menghubungkan antara kekurangan magnesium dan sakit kepala migrain. Penelitian menujukkan bahwa sekitar separuh dari semua penderita migrain memiliki magnesium terionisasi dalam darah dengan jumlah sedikit.
Magnesium, yang dikandung dalam pisang, melindungi tubuh dari sakit kepala dengan cara merelaksasi pembuluh darah. Selain itu, magnesium memiliki efek menenangkan sehingga berguna untuk meredakan sakit kepala akibat tegang. Apricot kering, alpukat, almond, kacang mete, beras merah, kacang-kacangan dan biji-bijian merupkan makanan lain yang kaya akan magnesium. 
3. semangka

           Menurut Stella Metsovas, seorang ahli nutrisi dari California, dehidrasi merupakan pemicu terbesar sakit kepala. Jadi, jika cuaca terasa panas dan Anda merasa pusing, pemicunya bisa jadi karena tubuh kekurangan cairan.
Coba segera konsumsi buah dan sayur yang kaya air dan mineral, contohnya semangka. "Banyak sayur dan buah yang mengandung cairan sekaligus nutrisi tinggi. Ini adalah kunci untuk mencegah dan meredakan sakit kepala.
4. Roti gandum

             Untuk Anda yang sedang diet rendah karbohidrat, waspadalah. Asupan karbohidrat yang terlalu sedikit, bisa membuat Anda mengalami sakit kepala. "Ketika Anda mengikuti diet rendah karbohidrat, penyimpanan glikogen akan terkuras. Glikogen merupakan sumber energi pada otak, jadi saat persediaannya berkurang akan muncul rasa nyeri di kepala," kata Erin Palinski, seorang pakar diet. Jangan sama sekali tak mengonsumsi karbohidrat. Anda harus tetap memenuhi kebutuhan karbohidrat, konsumsi saja karbohidrat sehat seperti roti gandum atau nasi merah, yang lebih kaya serat.
5.  Kacang almond

              Sebuah penelitian pernah menemukan bahwa magnesium, yang banyak terdapat di kacang almond, bisa meredakan sakit kepala. Magnesium tersebut berfungsi membuat pembuluh darah tidak tegang, sehingga peredaran darah jadi lebih lancar dan efektif.
Seseorang yang sering mengalami migrain, disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya kandungan magnesium. Seperti, pisang, avokad, almond dan nasi coklat.


6.  Yogurt

             Saat sakit kepala, ini bisa jadi sinyal tubuh kalau Anda kekurangan kalsium. Itu karena, menurut Palinski, otak sangat bergantung pada kalsium untuk bisa berfungsi secara efisien dan efektif. Untuk memenuhi kebutuhan Anda bisa mengonsumsi yogurt atau susu.













7.Jahe
            
         Jahe tidak hanya membantu mengurangi rasa mual, tetapi juga bermanfaat untuk memerangi sakit kepala. Karena dalamjahemengandung anthistamin dan anti inflamasi. Jika sakit kepala telah melanda, Anda dapat menikmati manisan jahe untuk mengurangi rasa nyeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar